Sabtu, 08 Februari 2014

Face it!

Akhirnya ujian praktek selama 6 hari selesai. Setelah beberapa hari tekun mempelajari laporan-laporan praktikum, mengarang teks eksposisi, deskripsi, persuasi dan pidato dengan tema yang tidak bisa dibilang ringan, berenang, dan juga mempraktekkan  ilmu komputer yang didapat, kelegaan itu akhirnya datang.

Ternyata memang begitu ya, seberat apa pun masalah yang ada di hadapan kita, akhirnya akan berlalu apabila kita menghadapinya. Misalnya pada waktu akan ujian praktek Kimia. Beberapa lembar laporan praktikum hanya kupandangi dengan malas, mencoba mencermati persamaan-persamaan elektrolisis dan sel volta sampai akhirnya angkat tangan dan memilih tidur.

Namun, keesokan harinya, aku tak punya pilihan. Kimia yang menurutku agak rumit itu harus aku hadapi, berarti aku harus memaksa diri untuk belajar. Akhirnya, aku meminta teman-temanku yang paham untuk mengajariku.

Ternyata, aku mendapat percobaan menentukan kadar NaClO dalam bayclin. Meskipun ada sedikit kesaalahan karena mungkin aku terlalu tegang, pada akhirnya aku bisa mengerjakan percobaan dan menjawab soal Alhamdulillah dengan lancar.

Begitulah, ujian praktik, ujian sekolah, atau ujian nasional sekalipun sebenarnya hanya bagian yang teramat kecil jika dibandingkan dengan ujian-ujian kehidupan yang menanti kita di masa mendatang. Namun, di balik banyaknya tantangan dan ujian di masa mendatang itu, akan selalu diikuti oleh banyak sekali harapan. Jadi, ketika kita mengaapi ujian atau masalah, janganlah menghindar, namun hadapi dan taklukkan masalah itu.


Bukankah kita memiliki Allah Yang Maha Besar? :)